Jumat, 13 Mei 2011

CARA INSTALASI SOFTWARE SLIMS (PORTABLE SENYAN)

  CARA INSTALASI SOFTWARE SLIMS (PORTABLE SENYAN)
 Berikut saya buatkan tutorial cara install software SLiMS untuk versi Portable (Psenayan) di Windows.
Untuk langkah pertama silahkan download software SLiMS melalui website resmi terbaru SLiMS yaitu KLIK  www.slims.web.id atau DISINI. Setelah anda buka website tersebut, coba perhatikan disebelah pojok kanan atas ada menu psenayan. seperti gambar berikut:

Silahkan Klik pada gambar yang diberi tanda kotak merah
Klik saja gambar sesuai petunjuk tanda kotak merah tersebut, maka secara automatis proses download akan berlangsung dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Ketika muncul tampilan seperti ini silahkan di pilih simpan berkas dan klik oke
Catatan:
Dalam tutorial ini penulis menggunakan browser Mozilla Firefox 4. Jika anda menggunakan browser lain maka tampilan berbeda namun intinya sama bahwa hasil downloadan harus disimpan.
Setelah sudah klik oke maka proses download slims akan berjalan sehingga proses. Saat proses download terjadi akan muncul seperti terlihat dalam gambar dibawah ini:

Gambar ini menunjukan bahwa Proses Download sedang berlangsung
Lama tidaknya proses download ditentukan seberapa cepat akses internet yang anda gunakan. Pasrikan bahwa proses instalasi ini harus sempurna dan tidak boleh corupt. Untuk memastikan apakah proses instalasi berhasil sempurna atau tidak, silahkan cek bahwa master slims yang anda download di propertis adalah sebesar 86,1 MB. Jika kurang dari itu maka menunjukan bahwa proses instalasi anda belum sempurna dan silahkan lakukan download lagi sampai proses benar-benar lengkap. Karena jika dalam mendownload tidak sempurna, maka saat di install nanti akan gagal.
Setelah proses download selesai dan berhasil, maka yang harus anda lakukan adalah menyimpan hasil downloadan software SLiMS tersebut di direktori C, D, E, F atau yang lain. Pastikan bahwa dalam menyimpan folder tersebut tidak boleh di dalam folder melainkan langsung di C, D, E, atau F . Dalam tutorial ini penulis menyimpanya ada di C (Anda boleh menyimpan di yg lain misal di D, E, F, atau yg lain yang penting tidak boleh di dalam folder) seperti terlihat dalam gambar dibawah ini:

Cara menyimpan tidak boleh di dalam folder tapi harus diluar seperti gambar ini
Setelah sudah di simpan seperti gambar diatas, selanjutnya Klik kanan master tersebut lalu pilih Extract Here seperti terlihat dalam gambar berikut:

Proses Extract
Setelah di klik seperti gamabr diatas, maka proses extract akan berlangsung dan biasanya hanya sekitar kurang dari satu menit proses extract akan selesai seperti terlihat pda gamabr berikut:

Proses Extract tidak terlalu lama sekitar kurang dari satu menit
Jika proses extract sudah selesai, maka akan muncul folder baru dengan nama psenayan seperti terlihat gambar di bawah ini:

Muncul Folder Baru psenayan
Setelah muncul folder seperti diatas yang anda lakukan adalah silahkan dibuka folder tersebut dengan cara di double klik atau klik kanan pilih open.
Setelah folder dibuka, maka di dalam folder tersebut ada berisi file seperti terlihat dalam gambar berikut:

Isi File dalam psenayan
Jika sudah muncul seperti gambar diatas, maka yang harus dilakukan adalah menjalankan Apache Start dan Mysql Start.
Agar urut silahkan awali dulu dengan cara menjalankan Apache Start dengan cara mendouble klik Apache Start (bukan folder).
Setelah di double klik apache start maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Gambar saat menjalankan Apache Start pertama kali
Jika sudah muncul seperti gamabr diatas, maka langkah selanjutnya adalah klik UNBLOCK.
Tampilan Windows Security Alert hanya muncul saat pertama kali menjalankan Apache start dan mysql start dan setelahnya tidak akan muncul kembali.
Langkah selanjutnya adalah menjalankan Mysql Start. Caranya sama seperti sebelumnya yaitu dengan cara klik dua kali maka akan muncul perintah seperti tampilan gambar dibawah ini:

Berikut merupakan Tampilan saat menjalankan Mysql Start pertama kali
Jika sudah muncul seperti gamabr diatas, maka langkah selanjutnya adalah klik UNBLOCK.
Tampilan Windows Security Alert hanya muncul saat pertama kali menjalankan Apache start dan mysql start dan setelahnya tidak akan muncul kembali.
Jika sudah seperti itu silahkan di Minimize apache start dan mysql start dan jangan sampai di CLOSE.
Setelah keduanya di Minimize, langkah selanjutnya silahkan membuka Browser anda. Dalam tutorial ini penulis menggunakan Browser Terbaru Mozilla Firefox 4.
Setelah browser terbuka, silahkan masukan di url mozilla url “localhost” (tanpa tanda kutip) seperti gambar dibawah ini:

Tampilan Gambar ketika membuka Browser Mozilla Firefox 4
Setelah menuliskan localhost seperti terlihat dalam gambar diatas, langkah selanjutnya tinggal ENTER maka proses instalasi sudah selesai dan jika berhasil maka akan muncul secara automatis seperti gambar berikut:

Tampilan OPAC SLiMS
Dengan demikian proses instalasi SLiMS sudah selesai. Jika tidak berhasil berarti ada tahapan yang mungkin belum dilakukan sesuai petunjuk dalam tutorial ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar